Kisah Sukses Animator Hayao Miyazaki

Dalam dunia Anime, siapa yang tidak kenal Hayao Miyazaki. Dari namanya kelihatan dia adalah orang Jepang. selain sebagai sutradara film animasi dan mangaka, dia juga seorang pendiri studio animasi Studio Ghibli.

Miyazaki berasal dari Jepang, ayahnya seorang direktur di sebuah perusahaan pembuat pesawat terbang. Makanya waktu kecil, dia banyak terinspirasi dan sering menggambar pesawat terbang. Ibunya yang senang membaca, ini juga mmempengaruhi sifat Miyagi dengan rasa keingintahuan yang tinggi. Sewaktu masih sekolah, Miyazaki menonton Hakujaden, yang disebut sebagai "film anime layar lebar berwarna pertama Jepang". Saat itu dia mulai tertarik kepada dunia anime.

Kebanyakan anime karyanya mengetengahkan tema hubungan manusia dengan alam dan teknologi, serta susahnya menjaga dunia perdamaian. Peran protagonis dalam animenya seringkali menggunakan tokoh sosok perempuan atau wanita muda yang berkeyakinan kuat dan mandiri, sedangkan musuhnya, pada umumnya adalah tokoh dengan moral ambigu dan mempunyai sisi sifat baik pula.

Diantara anime yang paling sukses adalah Princess Mononoke (di produksi tahun 1999 - sempat melambungkan namanya di belahan Barat) dan Spirited Away (produksi tahun 2001 - film yang sukses dalam sejarah di Jepang). Setelah dianugerahi gelar, Miyazaki mengambil keputusan untuk pensiun, tapi sewaktu berlibur ia berjumpa dengan anak perempuan temannya, hingga dia terinspirasi untuk menciptakan anime "Spirited Away".  Film ini pun menjadi sukses yang paling terbesar di Jepang dan Miyazaki memperoleh penghargaan Film Terbaik di Jepang, dan Penghargaan Beruang Emas di Festival Film Berlin tahun 2002.
Share on Google Plus

About Anonymous

Penulis Blog Seputar Anime.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: