Komik Shonen Jump

Suka Manga tapi belum tau apa itu Shonen Jump?
Ngaku fans Naruto atau One Piece tapi belum
pernah dengar tentang Shonen Jump?
Coba nih baca artikel di bawah,
hitung-hitung nambah pengetahuan dan supaya tidak menjadi
fans abal-abal hehe :D


Buat kalian yang merasa penggemar komik jepang atau biasa kita sebut Manga ini pasti sudah ga asing dong mendengar istilah Shonen Jump? Biasanya tulisan tersebut tertera di bagian belakang komik jika di jual di toko-toko buku.
Nah, buat kamu yang udah pernah mendengar istilah ini tapi belum tahu artinya atau bahkan belum pernah sama sekali dengar istilah ini, coba baca deh artikel di bawah. Penulis akan mengupas tuntas  poin per poin tentang Shonen Jump pada artikel ini.

Apa itu Shonen Jump?
Shonen (少年, diucapkan shounen) adalah sebutan untuk jenis Manga yang sangat digemari oleh kaum Adam atau biasanya remaja lelaki. Istilah Shonen dapat juga diartikan sebagai laki-laki yang berumur dibawah 15 tahun alias remaja.
Manga yang berjenis Shonen ini biasanya berseri, memiliki chapter yang banyak/panjang dan memiliki banyak penggemar.
Sedangkan untuk Shonen Jump sendiri adalah Majalah khusus untuk menampung Manga yang selalu terbit baik mingguan ataupun bulanan sebelum seri jilidnya terbit ke pasaran.
Bentuk Fisik Shonen Jump
Manga Shonen memiliki beberapa ciri yang mudah diketahui. Pertama terletak pada plot ceritanya yang kental dengan aksi dan pahlawannya serta alur cerita yang penuh dengan battle, adventure, serta dilengkapi dengan mystery-nya. Tetapi sebagian Manga Shonen tak lepas pula dari tema-tema komedi dan percintaan serta dilengkapi dengan sedikit bumbu-bumbu ecchi.

Jenis-Jenis Shonen
Pada jaman dahulu kala, tepatnya tahun 1968 adalah tahun dimana Weekly Shonen Jump diterbitkan oleh Shueisha untuk menyaingi Shonen Magazine dan Shonen Sunday.
Selain Shueisa, di jepang ada juga penerbit lain yang cukup bersaing yaitu Shonen Magz (penerbit Kodansha) dan Shonen Star (penerbit Shogakukan).
Tetapi Manga yang populer alias no.1 saat ini di jepang masih dipegang oleh Shueisa dengan Majalah mingguan Shonen Jumpnya.

Berdasarkan waktu terbitnya atau releasenya Shonen Jump dibagi 2, yaitu :
1.    Weekly Shonen Jump (mingguan)
Manga yang keluar mingguan inilah yang masih sampai sekarang menjaga ketenarannya di kalangan anak muda saat ini baik di dalam Jepang ataupun luar Jepang.
Manga seperti One Piece, Naruto, Yu Gi Oh, Death Note, Eye Shield, Slam Dunk, Bleach dan Manga populer lainnya adalah garapan majalah mingguan ini sebelum versi jilid Manga-Manga tersebut terbit ke pasaran.

2.    Monthly Shonen Jump (bulanan)
Bedanya hanya majalah ini keluar bulanan dan berisi Manga-Manga yang bisa dibilang kurang laku atau kurang populer di kalangan remaja.
Claymore dan Rival adalah salahdua Manga yang terdapat dalam majalah bulanan ini.

Sistem Penerbitan Manga di Jepang
Seperti apa sih sistemnya? Apa langsung berbentuk komik gitu? Tentu saja tidak,
seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, Shonen ini adalah tempat khusus untuk menampung Manga-Manga tersebut sebelum keluar versi jilidnya dan biasanya berisi 300 halaman per majalahnya. Jilid? Ya, jilid adalah versi yang sekarang yang banyak kita lihat di toko-toko buku yang sudah dibagi ke dalam beberapa chapter. Sebagai contoh, pertama-tama Manga A diterbitkan dulu pada majalah Shonen baik itu mingguan atau bulanan sampai terkumpul 8-10 chapter. Setelah kira-kira mendapat respon positif dari para pembaca barulah Manga A tersebut diterbitkan versi jilidnya atau komiknya. Setelah itu baru disebar ke pasaran dan dijual di toko-toko buku atau komik di luar sana.

Shonen Jump Yang Sudah Terbit

Bagaimana? Cukup menarik bukan membahas tentang Manga? Ternyata dunia Manga itu sangat luas. Kita tidak hanya bisa membaca dan menikmatinya saja, tetapi juga bisa tahu bagaimana proses pernerbitannya sampai kita bisa membacanya.
Share on Google Plus

About Unknown

Penulis Blog Seputar Anime.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment